Thursday, February 6, 2014

Baterai Android nya Boros? Simak Dulu Tips Jitu nya!



Tips Ampuh Menghemat Baterai Android!
Jumlah pengguna Android di seluruh dunia telah berkembang sangat pesat dalam 2 tahun terakhir ini. Hampir semua orang punya atau mempertimbangkan untuk membeli smartphone Android sebagai alat komunikasinya. Namun sebagian pengguna sering mengeluhkan borosnya baterai pada smartphone Android terutama pada perangkat yang memiliki spesifikasi cukup kencang. Bagaimana cara ampuh untuk menghemat konsumsi baterai pada perangkat Android kamu? Simak dulu tips di bawah ini.
Operator / Network
Jaringan atau sinyal merupakan salah satu faktor yang menguras cukup banyak baterai pada perangkat Android terutama saat jaringan tidak stabil. Cara terbaik adalah dengan memilih layanan operator yang jaringannya stabil di daerah aktivitas kamu (tempat kerja, rumah, sekolah, dll). Dengan menggunakan operator yang jaringannya stabil maka perangkat tidak perlu bekerja keras untuk mencari sinyal dan mampu menekan konsumsi baterai.
Display Brightness
Tingkat kecerahan layar juga memegang peranan penting dalam menentukan konsumsi baterai perangat kamu. Untuk menghemat baterai sebaiknya kamu selalu mengaktifkan fungsi Automatic Brightness (otomatis) sehingga perangkat dapat menyesuaikan terangnya layar tergantung dari kondisi tempat kamu berada. Jika menggunakan fitur otomatis layar masih dirasa terlalu terang, sebaiknya kamu mengaturnya secara manual dan menyesuaikan dengan kebutuhan kamu. Saat kamu di dalam ruangan, tingkat kecerahan layar bisa kamu atur serendah mungkin.
Connectivity
Smartphone Android saat ini memiliki dukungan konektivitas yang sangat lengkap, mulai dari WiFi, Bluetooth, GPS dan NFC. Sebaiknya matikan koneksi fitur-fitur tersebut jika tidak digunakan atau saat tidak kamu butuhkan. Jika dibiarkan menyala terus tanpa digunakan tentunya akan menguras daya tahan baterai perangkat kamu, sangat tidak efisien.
Auto Syncronization
Smartphone Android sudah dilengkapi dengan kemampuan sinkronisasi otomatis. Email, kontak, kalendar, aplikasi dan lainnya dapat kamu sinkronisasi secara otomatis. Namun fitur sinkronisasi otomatis ini bisa menjadi bumerang dan berbalik menguras daya tahan baterai ponsel kamu juga. Hal ini bisa terjadi saat data yang harus disinkronisasi cukup banyak dan saat jaringan tidak stabil sehingga proses sinkronisasi memakan waktu lebih lama, hal ini tentu saja akan menyebabkan terkurasnya baterai ponsel kamu. Sebaiknya lakukan sinkronisasi secara manual saja jika data yang ingin disinkron cukup banyak, kamu bisa menunggu sampai kamu terkoneksi ke jaringan WiFi yang stabil baru melakukan proses sinkronisasi.
Social Media & Messenger
Aplikasi messenger dan jejaring sosial sudah menjadi hal yang wajib terinstalasi di perangkat Android semua penggunanya. Kurangi kecanduan dan penggunaan aplikasi messenger dan jejaring sosial, dengan mengurangi intensitas penggunaannya terbukti secara efektif dapat mengurangi konsumsi baterai di perangkat Android. Selain itu pernah kah kamu mendengar kutipan ini: “Mendekatkan yang jauh, menjauhkan yang dekat?” Jangan sampai kamu dijauhkan dari pergaulan karena aktivitas kamu di smartphone terlalu berlebihan (melototin smartphone terus saat ngumpul dengan sahabat, pacar atau keluarga). Selalu utamakan kehidupan sosial di dunia nyata dan hargai orang-orang yang ada di dekat kamu.
Nah, itu dia tips-tips yang dijamin ampuh membuat perangkat Android kamu menjadi lebih irit. Semoga bermanfaat ;)

No comments:

Post a Comment